Minggu, 15 April 2012

Apa itu Monitor CRT????


Monitor CRT adalah singkatan dari cathode ray tube (tabung sinar katoda) , menggambarkan bagian dalam teknologi analog monitor komputer atau televisi. Sebuah monitor CRT atau TV mudah dikenali dengan bentuk yang besar. monitor LCD dan plasma televisi, atau flat panel display, menggunakan teknologi digital yang lebih baru.
Monitor CRT menciptakan gambar dari banyak baris atau garis titik-titik berwarna kecil. Ini secara teknis tidak sama dengan pixel , tetapi istilah ini sering digunakan secara bergantian. Semakin baris titik per inci, resolusi lebih tinggi dan semakin jelas. Oleh karena itu resolusi 1024 x 768 akan lebih tajam dibandingkan resolusi 800 x 600 karena mantan menggunakan baris lagi menciptakan lebih padat, gambaran yang lebih rinci. Resolusi yang lebih tinggi adalah penting untuk menampilkan detail halus grafis. Untuk teks, resolusi ini tidak kritis.
Tapi bagaimana titik-titik berwarna muncul di layar ?
Di dalam monitor CRT adalah tabung gambar yang menyempit di bagian belakang menjadi hambatan. Dalam kemacetan adalah filamen dibebankan negatif atau katoda tertutup dalam ruang hampa. Ketika listrik disalurkan, filamen memanas dan aliran atau “sinar” elektron tuangkan dari elemen ke dalam vakum. Elektron bermuatan negatif tertarik pada bermuatan positif anoda yang fokus partikel menjadi tiga balok sempit, mempercepat mereka untuk menyerang layar fosfor berlapis.
Fosfor akan menyala bila terkena apapun radiasi, menyerap sinar ultraviolet dan cahaya tampak memancarkan warna neon. Fosfor yang memancarkan cahaya merah, hijau dan biru digunakan dalam monitor berwarna, diatur sebagai “garis” yang terdiri dari titik-titik warna. Tiga balok digunakan untuk merangsang tiga warna dalam kombinasi yang diperlukan untuk menciptakan warna yang membentuk berbagai gambar.
Secara tepat mengarahkan balok, tembaga gulungan kemudi digunakan untuk membuat medan magnet di dalam tabung. Bidang memindahkan elektron balok vertikal maupun horizontal. Dengan menerapkan tegangan bervariasi untuk kumparan kemudi, balok dapat diposisikan pada setiap titik di layar. Setiap gambar yang dilukis di layar – dan dicat ulang – beberapa kali setiap detik dengan memindai berkas elektron di layar dengan harga luar biasa. Hal ini harus dilakukan bahkan ketika gambar yang ditampilkan adalah tidak berubah, karena fosfor hanya bersinar untuk waktu yang sangat singkat.
Para refresh rate menunjukkan berapa kali per detik layar dicat ulang. Meskipun monitor berbeda dalam kemampuan mereka, resolusi yang lebih rendah biasanya memiliki refresh rate yang lebih tinggi karena waktu yang panjang untuk melukis resolusi yang lebih rendah. Oleh karena itu pengaturan 800 x 600 mungkin memiliki refresh rate 85Hz, (layar akan dicat ulang atau refresh 85 kali per detik), sedangkan pengaturan resolusi 1024 x 768 mungkin memiliki refresh rate 72Hz. Resolusi masih lebih tinggi biasanya memiliki refresh rate yang lebih dekat ke 60Hz. Apapun yang kurang dari 60Hz umumnya dianggap tidak memadai, dan beberapa orang akan mendeteksi “flicker” bahkan dengan refresh rate yang diterima. Secara umum, high-end monitor memiliki refresh rate lebih tinggi secara keseluruhan dari rendah-end model.
Spesifikasi lain tentang monitor CRT adalah “dot pitch” yang berhubungan dengan sesak atau ketajaman gambar. Sebuah dot pitch yang lebih rendah seperti .25 adalah lebih baik melalui dot pitch yang lebih tinggi. Dalam heydey dari monitor CRT ini adalah masalah karena beberapa model yang dijual dengan .32 dot pitch, sehingga teks “kabur”. Pada akhir era CRT, hampir semua menampilkan memiliki .28 atau lebih baik dan saat ini monitor CRT dapat memiliki lemparan dot serendah .21.
Monitor CRT ada dalam 15-inci sampai 21-inch ukuran (38 – 53 cm) dan lebih besar, meskipun layar tampilan sebenarnya adalah sekitar 1 inci (2,5 cm) lebih kecil dari ukuran dinilai. Layar diukur secara diagonal dari sudut ke sudut, termasuk kasus ini.
dapat diandalkan dan ekonomis, teknologi CRT memerintah selama puluhan tahun sebelum dethroning di akhir 1990-an – 2000-an. Negatif dari CRT termasuk emisi radiasi, konsumsi daya tinggi, berat dan massal.


Read more: http://chapila.com/komputer/apa-itu-monitor-crt.html#ixzz1s701X5sC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar