Kamis, 10 Mei 2012

TIPS AND TRIK MERAWAT KELINCI BAGI PEMULA


Berapa banyak dari kalian yang suka ama jenis binatang ini?imut serta perawatan yang mudah menjadikannya binatang peliharaan favourite banyak orang. Kurangnya pengetahuan membuat sebagian orang terpaksa harus menyesal berat karena kelinci yang mereka beli hanya bertahan beberapa hari saja alias gampang mampus, nah gw bakalan kaseh kalian tips and trik bagaimana membeli dan merawat kelinci supaya bisa hidup sehat sejahtera bagi kalian para pemula.



1. Tempat beli
Hal pertama yang kalian perhatikan adalah tempat pembelian biasanya kelinci dijajakan di pinggir jalan bukan, karena begitu banyak yang kepanasan dan dehidrasi terlebih bagi kelinci yang maseh kecil, seharusnya kalian membeli kelinci di tempat yang terpercaya semisal petshop kan adem tuh ada AC ataupun datang langsung kepeternakannya seperti di lembang.

Tapi jika terpaksa kalian membeli di pinggir jalan ada tips yang harus diperhatikan pertama kalian coba lihat penampilanya dari mata, telinga dan bulu matanya sayu menandakan ia sakit, telinga yang selalu lesu juga menandakan ada masalah, bulunya kotor (sudah lama dipajang dan kurang laku) atau jika di pegang rontok pertanda sakit. Selain penampilan fisik kalian juga harus jeli lihat tingkah lakunya sebaiknya pilih kelinci yang terlihat aktif jangan Cuma lihat warnanya kalau diam saja di pojok bisa jadi sedang sakit dan kalau diam dengan kaki belakang tidak melipat di bawah perut (selonjoran) ia bisa jadi diare atau dalam kasus yang sering terjadi ia kena heat attack aka kepanasan.

Selalu membeli kelinci yang tengah berusia 5 bulan lebih agar tidak mudah mati karena di bawah lima bulan seharusnya tidak boleh dijual maseh menyusu.
Tahu apa yang kalian beli, ingat kelinci itu banyak jenisnya ketika membeli jangan lupa tanyakan bagaimana perawatanya atau perlukah hal-hal khusus bagi kelinci yang dibeli. Sebab membeli kelinci angora sudah pasti membutuhkan perawatan yang beda dengan kelinci biasa (dutch).

2. Hal pertama sesudah membeli
Ya sudah pasti di bawa pulang kalau kalian beli biasanya pasti dikaseh kandang pastikan porsi kandang sesuai dengan besar dan banyak kelinci yang kalian beli jangan sampai kesempitan atau berdesak-desakan, jika kalian pulang membawa kendaraan pribadi seperti mobil jangan lupa nyalakan AC membawa kelinci dengan selain mobil untuk jarak jauh (misal beli di lembang terus pulang ke Jakarta) sangat beresiko tinggi.

3. Ketika Dirumah
Sesampai di rumah kalian harus melepaskan si kelinci di ruang terbuka di sarankan halaman belakang jika tak ada di dalam ruangan juga bisa, karena kandang dari tempat pembelian biasanya sangat sempit (agar mudah di bawa pulang). Dan memberi minum siapa bilang kelinci ngak boleh dikaseh minum?hanya kelinci 5 bulan kebawah yang tidak boleh dikaseh minum karena ususnya belum kuat, di pajang dan perjalanan membuat mereka dehidrasi.



4. Kandang
Begitu dirumah jangan sekali-kali memakai kandang dari si mamang tukang kelinci untuk tempat permanennya selain kecil juga tidak sesuai. Kalian punya dua pilihan kandang outdoor dan indoor jika jumlah kelinci yang dibeli sedikit disarankan kandang indoor seperti kandang anjing atau kucing kalau banyak kalian terpaksa membuat kandang kelinci diluar.

Pemilihan kandang juga dilihat dari jenis kalau kalian beli kelinci angora lebih baik kandang indoor karena kebersihannya lebih terjamin sehingga bulunya tidak menggumpal selain itu suhu di dalam rumah juga tidak setinggi diluar, kalau jenisnya besar seperti fleming atau rex di sarankan membuat kandang yang besar pula diluar rumah agar ia leluasa bergerak.

Kandang indoor sesuai untuk satu atau dua ekor saja/kelinci hias yang mahal agar kalian mudah membersihkan kotorannya dan perlu di ketahui kencing kelinci condong berbau menyengat jadi jangan menyimpan lebih dari dua ekor dalam rumah. Pemilihan kandang indoor juga karena lebih aman terlebih jika jenis kelincinya mahal kalau dilepas bisa diambil orang atau dimakan kucing.

Nah untuk kandang indoor saya punya tips agar kelinci anda ngak pup dan pipis sembarangan di dalam rumah caranya si kelinci dikurung dalam kandangnya seminggu jangan lupa harus nyaman di dalam sediakan jerami atau sobekan Koran, jangan pernah menaruh makanan diluar kandangnya taruh didalamnya karena ia akan mengira kandang itu sebagai sarangnya. Sehingga sekalipun anda lepas dalam rumah jika ingin makan dan pipis serta pup si kelinci hanya akan melakukan didalam kandangnya, ingat kelinci akan sering pup dan pipis tak lama setelah makan.



Untuk kandang diluar disarankan anda membeli buku-buku tentang ternak kelinci ataupun dapat di download dari internet tentang bagaimana membuat kandang kelinci, satu hal yang perlu di ingat jangan pernah membuat kandang outdoor yang beralaskan langsung tanah, kenapa?karena akan mengundang banyak penyakit dan kelinci pun akan kabur karena kelinci gemar membuat liang dan lorong di tanah. Jangan pula di beri alas kawat banyak orang yang salah kaprah memberi alas kawat bolong agar kotorannya mudah jatuh ketanah, kaki kelinci yang lembut tidak didesain untuk berjalan di atas kawat ia akan banyak berdiam diri karena sakit kakinya, yang baik adalah kayu atau bamboo tapi di beri jarak sedikit agar pipis dan pupnya bisa jatuh ke bawah jangan pula terlalu lebar nanti kakinya kejepit.





5. Makanan
Kelinci makan apa seh? Sayuran itu pasti tapi ingat bukan sayuran segar banyak orang yang mengira baik jika memberi kelinci sayuran segar salah besar!!!kenapa karena kandungan air didalam sayur segar sangat banyak ini bisa membuat kelinci mencret dan mati. Cara yang benar kalian membeli sayuran apapun itu ditukang sayur pagi hari lalu semuanya di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) sampai layu sedikit berwarna kekuningan, pas sore hari baru kalian kasih karena kadar airnya pasti sudah menurun ingat beri makan kelinci dari sore mulai jam 6 sampai malam biar mirip lingkungan asli mereka jadi pagi sampai siang lepaskan mereka sore sampai malam biarkan mereka makan didalam kandang. Cara ini juga agar anda mudah membersihkan kandang dan kotorannya.

Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan anda tidak punya waktu untuk menjemur sayur, anda bisa beli pelet ikan paling banter 10ribu itu juga dah banyak loh ada pula pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop tapi harganya mahal sekitar 30ribu.



Nah mudahkan tips and triknya selain 5 hal diatas dalam memelihara kelinci ataupun binatang lainnya hal terpenting adalah komitmen, jangan sampai kalian giat di awal tapi malas di akhir karena pet ia a part of family tips ini manjur terbukti dari kelinci-kelinci saya yang sudah satu tahun lebih umurnya (sekalipun beli dipinggir jalan) binatang yang dipelihara dengan baik dan benar dalam kurungan mempunyai waktu hidup yang lebih panjang ketimbang di alam.
Kelinci juga bukan binatang bodoh ia akan mempelajari kebiasaan lingkungannya (seperti punya gw) kalau tuannya pulang tiga kelinci saya pasti akan menghampiri dan gemar nonton tv ;p


Tidak ada komentar:

Posting Komentar